Emas Sungai Logawa - Butiran di Banyumas Bukan Emas

Foto Tambang Emas di Sungai Logawa Banyumas Berita Tambang Emas di Sungai Logawa Banyumas - Demam emas yang sempat dipanen dan menggemparkan warga Desa Kediri, Kecamatan Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah sejak beberapa hari lalu ternyata bukan merupakan butiran emas. Bebatuan yang berwarna emas itu ternyata adalah 'pyrite' yang mengandung besi dan mineral. Lihat juga: Video Jabal Magnet di Baturraden - Banyumas

Hal tersebut diungkapkan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Banyumas, setelah melakukan penelitian terhadap butiran-butiran berwarna kuning yang dikumpulkan warga dari lokasi pinggir sungai.

"Berdasarkan penelitian kami sejak kemarin (23/6), Butiran kuning yang sempat dikumpulkan oleh warga itu ternyata bukan emas. Itu hanya batu 'pyrite' atau bebatuan yang terdiri dari unsur besi dan belerang. Batuan itu menjadi kuning, karena terus-menerus terendam air di Sungai Logawa," kata Kabid SDM Dinas ESDM Banyumas, Junaedi, Jumat 24 Juni 2011 kepada wartawan.

Dia menjelaskan, penelitian tersebut dibuktikan melalui butiran yang dikumpulkan warga bukan merupakan butiran emas. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, antara lain, dengan digores. Bila dari goresan butiran tetap berwarna kuning mengkilap, maka pembuktian bisa dilakukan lebih lanjut dengan memastikan butiran tersebut emas atau bukan. Tapi hasil dari butiran yang dikumpulkan oleh warga, setelah digores ternyata bagian goresannya terlihat berwarna hitam.

"Setelah dilihat batu tersebut tidak menunjukkan adanya kilapan seperti emas. Dari cara ini sudah dapat dipastikan jika butiran tersebut bukanlah emas," katanya.

Selain itu, pembuktian lainnya dapat dilakukan menggunakan kaca pembesar. Jika dilihat dengan kaca pembesar maka akan terlihat mengkilap. Sementara butiran yang ditemukan warga melalui kaca pembesar terlihat kuning kusam.

Menurutnya, banyaknya warga yang terus melakukan kegiatan penggalian di pinggir sungai disinyalir dapat merusak lingkungan. Karena nilai ekonomi batu pyrite yang terus digali warga tidak ada harganya. Hingga sore tadi (24/6), pihak Dinas ESDM melalui aparat Muspika setempat juga telah meminta warga untuk menghentikan kegiatan berburu emas di pinggir Sungai Logawa. Demikian kabar terbaru yang Bi2t.Com kutip dari laman detikNews.

Komentar untuk "Emas Sungai Logawa - Butiran di Banyumas Bukan Emas":

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.