Bibit We Es - Berita Terbaru, Kabar Terkini, Hot News, Belajar Blog, Bisnis Online, Personal Web dan Make Money Online

GRATIS Gems COC Terbaru

7 Tips Hindari Pencurian Motor

Motor Curian Tips Menghindari Pencurian Sepeda Motor - Trik Aman Parkir Kendaraan Bermotor -- Sepeda motor menjadi kendaraan paling diincar oleh 'maling'. Selain mudah dicuri, menjualnya kembali pun tidak begitu sulit. Inilah yang menjadi perhatian para pencuri motor. Untuk itu ada baiknya perhatikan tips berikut ini agar motor anda lebih terjaga.

Berikut beberapa tips agar terhindar dari pencurian sepeda motor seperti dilansir dari Puskominfo Polda Metro Jaya, Rabu 25 Mei 2011.

1. Parkir di tempat resmi dan aman
Usahakan untuk selalu parkir di tempat parkir resmi dengan tingkat pengawasan dan keamanan yang tinggi. Kalau bisa pilih saja lokasi parkir yang terdapat petugas yang selalu memeriksa STNK ketika akan meninggalkan tempat parkir, dan ada tiket bukti parkir. Kemudian ada kamera pengawas cctv dan banyak petugas keamanan yang menjaga di sekitar tempat parkir.

2. Berikan tambahan kunci pengaman pada motor
Kunci sepeda motor dengan kunci tambahan. Contohnya seperti kunci roda, kunci setang rahasia, alarm, gembok, rantai, maupun kunci disc cakram.

3. Parkir di tempat yang mudah diawasi
Jika memarkir kendaraan di depan rumah baik rumah sendiri atau rumah orang lain serta di tempat umum, sebaiknya parkir di tempat yang mudah terlihat dari dalam. Serta pasang mata dan telinga jangan sampai lalai karena pencuri sepeda motor hanya butuh kurang lebih satu menit untuk menggasak motor Anda.

4. Waspada terhadap Mobil Boks, Pickup dan Truk yang berada di samping motor
Dari beberapa kasus yang terjadi, pelaku curanmor menggunakan jenis mobil-mobil tersebut yang parkir di samping atau sekitar parkiran motor. Pencuri sepeda motor dapat dengan cepat menggotong motor dan membawa kabur.

5. Amankan barang berharga bawaan
Jika ada tempat penitipan helm dan jaket segera titipkan di tempat tersebut. Namun bila khawatir dengan tempat penitipan, Anda bisa pasang kotak atau boks motor di belakang sepeda motor.

6. Mengurangi Perhatian Pencuri
Motor yang terlihat bagus, baru dan berdaya jual tinggi dengan sistem pengamanan yang kurang sangat disukai oleh pelaku curanmor. Motor yang sudah kelihatan jelek atau biasa saja dengan pengamanan yang cukup dan bila dijual harganya murah termasuk jenis motor yang cukup aman dari pencurian motor. Menutup motor dengan kain penutup dapat mengurangi perhatian pencuri dan akan mempersulitnya untuk melaksanakan aksinya. Dengan menutup motor dengan bahan anti air juga dapat melindungi motor dari kehujanan dan terik sinar matahari.

7. Membina hubungan baik dengan petugas parkir dan tetangga
Untuk lebih aman, jika parkir di tempat yang rutin atau sering misalnya di kampus, kantor, rumah, mini market, warung, Anda bisa pelan-pelan membina hubungan baik dengan orang di sekitarnya. Jika ada waktu ajak petugas parkir ngobrol, nongkrong, dan sebagainya. Kalau punya uang lebih memberi uang rokok ke petugas parkir tersebut. Tujuannya adalah agar tukang parkir menjadi kenal dan otomatis kenal juga dengan motor. Jika motor diusili orang maka dengan cepat tukang parkir akan menyadari dan menindaklanjuti dengan tegas.

Demikian 7 (tujuh) tips aman untuk menghindari pencurian sepeda motor anda, seperti yang Bi2t.Com kutip dari laman VIVAnews.com.

Khusus pengguna android, dapatkan update berita terbaru, gossip artis, foto hot, video panas, semua blak-blakan tanpa sensor dari aplikasi UCNews for Android. DOWNLOAD SEKARANG sebelum dihapus!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

7 Tips Hindari Pencurian Motor sudah dibaca? Ini artikel lainnya: